Home » » Rebung

Rebung

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Jumat, 15 Januari 2016

Rebung adalah tunas bambu yang empuk dan memiliki cita rasa tersendiri. Teksturnya yang renyah saat dikunyah membuat rebung banyak disukai orang untuk diolah menjadi sayur. Rebung juga nikmat sekali menjadi isi dari jajanan lumpia, kue khas dari Semarang. Selain enak dan memiliki cita rasa khas, rebung juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, lho. Anda tak menyangka, bukan? Dilansir oleh laman Health me Up, berikut ini adalah manfaat dari rebung yang bisa Anda peroleh jika mengonsumsinya:
  • Kaya serat
Serat dalam sayur rebung sangat kaya dan baik bagi proses pencernaan. Ia membuat Anda lekas kenyang, serta melancarkan proses BAB.
  • Kolesterol turun
Dalam 100 gram rebung, terdapat 2,5 gram gula serta lemak jenuh dan tak jenuh sebanyak 0,49 gram. Ini bermanfaat bagi penurunan kadar kolesterol, kadar lipid, dan menjaga kesehatan jantung.
  • Sistem kekebalan tubuh
Rebung sebagai sayur ternyata menyimpan kandungan vitamin B6, vitamin E, kalsium, magnesium, seng, natrium, dan zat besi. Juga vitamin A, niasin, riboflavin, thiamine, dan asam folat, fosfor, kalium, tembaga, mangan. Sistem kekebalan tubuh manusia membutuhkan semua bahan tersebut untuk jadi kuat.
  • Pencernaan
Masalah seperti gastroenteritis serta diare dapat diatasi dengan makan rebung. Bahkan rebung juga disebut sebagai obat cacing yang mudah dan enak.
  • Tekanan darah tinggi
Adanya kalium dalam rebung membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta menstabilkannya agar normal. Selain itu, dengan turunnya tekanan darah maka depresi, kecemasan, dan sakit mental lainnya dapat diatasi.
  • Kanker
Terdapat juga senyawa fitosterol pada sayur rebung yang berkhasiat melawan berbagai jenis kanker. Fitosterol itu berupa klorofil, amilase, dan flavone.
  • Bisul
Jika Anda memiliki bisul, maka konsumsi rebung membantu menyembuhkan penderitaan Anda tersebut. Sifat anti inflamasi atau anti peradangan rebung juga ada, dan berkhasiat menyembuhkan luka.
  • Menginduksi kelahiran yang sulit
Sayur ini membantu merangsang kontraksi rahim, sehingga sifatnya adalah induksi bagi persalinan yang sulit. Selain itu untuk menstruasi tak lancar pun rebung bisa digunakan. Konsumsi secara teratur beberapa waktu sebelum masa haid, dan siklus Anda akan kembali lancar.

Berkah Sayur
Supplier Sayur Buah Surabaya


2 komentar:

  1. widih ternyata rebung banyak manfaatnya juga ya..
    maksih infonya :-)
    masirul

    BalasHapus
  2. Saya punya bayak repbung dimusim kemarau. Kalau ada yg minat bisa hbgi saya ke085231757313

    BalasHapus

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}