Home » » Arugula

Arugula

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Selasa, 27 Oktober 2015

Arugula adalah tanaman dari famili cruciferous yang juga terkenal dengan julukan nutritional powerhouses karena kaya akan kandungan serat dan juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, arugula juga terbukti mengandung protein kompleks yang disebut dengan glucosinolates dan bermanfaat untuk mencegah proses penyebaran sel kanker induk ke jaringan-jaringan tubuh.

Arugula memiliki kandungan kalsium delapan kali lebih banyak jika dibandingkan dengan ‘rajanya’ sayuran berkalsium, kubis. Tak hanya itu saja, arugula juga mengandung zat yang dapat mengoptimalkan proses penyerapan kalsium untuk kesehatan tulang dan gigi. Jadi, sayur satu ini baik sekali jika diberikan kepada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Selain mengandung vitamin dan zat yang sangat tinggi, daun roket/arugula ternyata mampu mencegah keputihan bagi para wanita. Tumbuhan herbal satu ini berguna untuk lalapan sampai menjadi bahan kosmetik serta perawatan anggota tubuh kita, enak dimakan mentah sebagai salad saat sarapan, makan siang dan makan malam, juga enak ditumis bersama udang segar dan sayur-sayuran lainnya. Daun roket/arugula ini memiliki dua jenis bentuk, jenis pertama agak bundar memanjang, jenis kedua panjang dan berliku-liku seperti keris, rasa kedua jenis tersebut tidak berbeda, keduanya memiliki rasa pedas dan agak pahit.

Menurut para peneliti, gargir mengandung bahan-bahan mustard plus vitamin C, yodium, sulfur, zat besi, dan mereka mengingatkan bahwa konsumsi gargir secara berlebihan berbahaya untuk wanita hamil karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan panas dalam air seni dan pendarahan.

Daun gargir memang lebih nikmat jika dikonsumsi secara mentahan, di buat lalapan atau salad. Rasanya agak pahit tapi renyah. Sangat bisa di buat campuran dalam pecel dan urab. Tapi untuk lalapan dengan sambal, itu lebih nikmat! Ya, mungkin di Indonesia sendiri sulit ditemukan? Atau bahkan belum ada? Anda pun bisa mencoba menanamnya sendiri dengan mudah.


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}