Home » , » Kyuri (Timun Jepang)

Kyuri (Timun Jepang)

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Jumat, 14 Agustus 2015


Kyuri (mentimun Jepang) merupakan salah satu jenis sayuran mentimun yang banyak ditanam di Jepang. Seperti mentimun biasa, hanya saja kulitnya hijau tua dan aromanya lebih segar serta rasanya lebih manis. Biasanya diolah menjadi acar, campuran salad atau sebagai hiasan makanan. Mentimun ini biasanya tidak dikupas karena kulitnya renyah enak.

Jika dilihat dari tanamannya, Timun Jepang juga sama seperti tanaman timun lainnya yang mampu tumbuh secara maksimal pada ketinggian antara 200-400 meter dari permukaan tanah. Bentuk tanaman ini merupakan tanaman yang menjalar atau memanjat dengan ketinggian bisa mencapai lebih dari 2 meter. Bentuk buahnya lebih lonjong dari buah timun lokal dan warnanya pun lebih hijau pekat.

Saat ini Timun Jepang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Salah satu sentral budidaya tanaman Timun Jepang adalah di kota Batu - Jawa Timur. Harga Timun Jepang saat ini cukup fluktuatif. Jika pada saat panen raya harganya bisa sangat murah (berkisar Rp. 3500-4500/kg), sedangkan pada saat langka harganya bisa mencapai Rp. 15.000,- apabila dijual di supermarket.

Nutrisi yang terkandung dalam Kiuri juga cukup lengkap meliputi Vitamin A dengan jumlah yang cukup banyak pada kulitnya, Vitamin B dan Vitamin C. Selain itu Timun Jepang juga mengandung air cukup banyak, sehingga sangat efektif digunakan untuk menyembuhkan dehidrasi. Manfaat sayuran kyuri lainnya adalah :
  1. Perawatan kulit
  2. Mentimun kyuri memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit.
  3. Kesehatan sendi
  4. Dalam mentimun kyuri terkandung silika yang dapat mempromosikan kesehatan sendi Anda dengan memperkuat jaringan ikat.
  5. Pencernaan protein
  6. Mentimun mengandung enzim erepsin yang membantu dalam pencernaan protein.
Pada dasarnya kyuri memiliki khasiat yang sama dengan sayuran mentimun lainnya, oleh karena itu tidak ada ruginya untuk mengkonsumsi sayuran ini. Sayuran ini bisa ditemukan di supermarket atau pasar modern di sekitar anda. Kyuri juga bisa dipesan melalui kami supplier sayur surabaya

Berkah Sayur
0857-0404-344-5



1 komentar:

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}