Home » » Beetroot

Beetroot

Posted by Supplier sayur dan buah surabaya on Rabu, 29 Juli 2015


Ubi Bit Merah atau dalam bahasa Inggeris; beetroot (Beta vulgaris subsp. vulgaris var. vulgaris), juga dikenali sebagai bit meja (table beet), bit taman (garden beet), bit merah (red beet) atau secara tidak formal hanya disebut sebagai bit sahaja, adalah salah satu dari kepelbagaian jenis tumbuhan bit yang kebanyakannya hidup meliar dan tumbuh subur di Amerika Utara dan Britain. Pada tanaman bit, yang lebih dikenal mempunyai khasiat kesehatan adalah umbinya. Berbentuk bulat seperti kentang dengan warna merah – ungu gelap. Daunnya bisa dimasak seperti sayur hijau lainnya.

Bit mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak. Banyak cara menyantap akar bit, yaitu: dibuat jus, direbus sebentar untuk salad, dibuat pure (dihaluskan) untuk sup, dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan, apabila pada buah-buahan kulitnya dianjurkan untuk disantap, pada akar bit, kulitnya sebaiknya dibuang.

Ada yang beranggapan bahwa jus bit adalah jus yang terbaik untuk kesehatan karena mengandung gula alami, sodium, potassium, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, klorin, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, C dan P. Kandungan bit menyeimbangkan kadar basa dan asam, sehingga sangat bagus bagi keseimbangan tubuh kita. Walaupun mengandung karbohidrat, kalorinya rendah. Jadi jangan kuatir, menyantap bit tidak akan menaikkan berat badan Anda. Dalam mengasup jus bit, sebaiknya akar bit dicampur dengan buah atau sayur lainnya, karena akar bit saja bisa membuat tali pita Anda kaku dan sulit bicara dalam waktu tertentu, kecuali Anda minum jus murni dari akar bit organik yang justru akan menyembuhkan kekakuan/kelumpuhan pada pita suara

Oleh karena kandungan di dalamnya, membuat beetroot ini banyak memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan kita, antara lainnya :
  1. Menurunkan Tekanan Darah
  2. Para ahli di Inggris dan di Amerika Serikat menyarankan penderita hipertensi untuk minum 500 ml jus bit setiap hari. Telah terbukti secara nyata minum jus dari umbi bit ini menurunkan hipertensi . Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah.
  3. Menyehatkan Jantung
  4. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, bahwa minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung. .Dari percobaan menunjukkan tekanan darah menurun dalam waktu 1 jam setelah minum jus bit. Tiga sampai 4 jam setelah minum jus bit, penurunan tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam. (BBC News, 6 Feb. 2008)
  5. Meningkatkan Stamina Tubuh
  6. Minum jus bit d bisa membantu orang berolah raga lebih lama 16% disebabkan oleh kandungan nitratnya mengurangi pengeluaran/pembakaran oksigen dalam olah raga, sehingga rasa capai yang disebabkan oleh olah raga berkurang (Penelitian di Inggris: Univ. of Exeter; BBC News, 6 Agustus, 2009). Karena itu minum jus yang dicampur bit pada malam hari bisa dipakai sebagai jus tonik asmara, menambah enerji dan melancarkan aliran darah.
  7. Mencegah Anemia
  8. Bit yang berwarna kemarahan ini dihubungkan dengan warna darah manusia, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.
  9. Pewarna Makanan Alami 
  10. Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah cemerlang dipakai untuk pewarna alami makanan, misalnya es krim, mewarna telur paskah, jeli, dan lain sebagainya.
Masih banyak lagi manfaat lain jika kita mengkonsumsi sayuran jenis ini. Beetroot biasa dipakai dalam masakan hotel-hotel atau restoran, untuk itulah mengapa menemukan sayur jenis ini agak susah di pasaran. Jika anda membutuhkan beetroot bisa langsung menghubungi kami supplier sayur buah surabaya

Berkah Sayur
0857-0404-344-5


0 komentar:

Posting Komentar

Berkah Sayur - Supplier Sayur dan Buah Surabaya (0821-65444240). Diberdayakan oleh Blogger.
.comment-content a {display: none;}